Hukum menulis ayat kursi pada gelang emas bagi wanita

Asy Syaikh ‘Abdullah bin Hamid ditanya :

Apa hukum menulis ayat kursi, kata “الله “ atau “محمد “ pada gelang emas bagi wanita dan anak-anak? Apa hukum masuk ke tempat untuk bersuci, wudhu atau tempat buang kotoran (WC) dengan mengenakan gelang tersebut?

Beliau menjawab : ini suatu kekeliruan, Al Qur’an tidak diturunkan untuk permainan, seperti misalnya ditulis di atas emas, bejana, atau sesuatu yang menyerupai itu.  Sesungguhnya Al Qur’an hanya Allah turunkan sebagai obat bagi penyakit hati, sebagai hidayah bagi manusia, sebagai cahaya, rahmat, dan nasehat bagi orang yang beriman.  Al Qur’an tidak diturunkan untuk digantung di atas perhiasan!! Atau digantungkan pada pakaian-pakaian manusia, kemudian mereka membawanya masuk ke dalam kamar mandi atau WC untuk membuang hajat.  Demikian ini tidak boleh.

Al Qur’an diagungkan dan disucikan dari langkah jelek seperti ini, Al Qur’an diturunkan Allah sebagai petunjuk, Allah Subhaanallaahu wa Ta’aalaa berfirman :

وَنُنَزِّلُ مِنَ القُرْءَان مَاهُوَشِفَاءٌ وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَلَايَزِيْدُالظَّالِمِيْنَ اِلَّا خَسَارًا

“Dan Kami turunkan dari Al Qur’an suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Qur’an itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zhalim selain kerugian.” (Al Isra’ : 82).

Maka menggantungkan Al Qur’an dengan cara ini tidak boleh.  Bahkan bagian dari menghidupkan Al Qur’an yaitu menghilangkan ayat-ayat yang digantungkan  meskipun terbuat dari emas atau yang lainnya, karena di dalamnya mengandung penghinaan terhadap Al Qur’an.

Demikian juga ketika manusia masuk ke kamar mandi, WC atau tempat-tempat untuk membuang hajat dalam keadaan membawa Al Qur’an, ini tidak boleh dalam semua keadaan.  Sebaliknya dalam rangka mengagungkan dan memuliakan Al Qur’an, maka ia harus dibersihkan dari perbuatan seperti ini, sebagaimana yang telah ditetapkan oleh ahli ‘ilmu (agama).  Allaahu a’lam.

(Dipetik dan diterjemahkan oleh Ust. Abu ‘Ubaidillaah Muhaimin, dari Kitab “Fatawa Al Mar’ah Al Muslimah”, karya Abu Malik Muhammad bin ‘Abdul Wahhab).

Sumber : Buletin Dakwah Islam Ahlussunnah Wal Jama’ah “AL HUDA” Semarang

4 thoughts on “Hukum menulis ayat kursi pada gelang emas bagi wanita

  1. humm pengen nanya neh…… di dompet sya ada selembar kertas yg berisi doa2 (tpi nulisnya pake huruf kapital dan bukan huruf arab) nah klo bgtu gmn hukum nya???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s